Kamis, 25 Desember 2014

Tips Mencuci Jeans Yang Luntur

Jika dahulu jeans identik berwarna biru, kini banyak dijumpai jeans dengan berbagai warna seperti merah, hijau, kuning dan masih banyak lagi. Walaupun kini jeans tampil dalam aneka warna cerah, tetapi warna gelap seperti hitam, coklat dan biru tua juga masih menjadi favorit. Bahkan beberapa survey membuktikan bahwa hampir semua orang pasti memiliki setidaknya satu pakaian berbahan dasar jeans berwarna gelap.

Jeans memang nyaman saat digunakan. Kitabisa tampil trendi di dalam balutan jeans yang casual. Namun, pahami juga cara mencuci baju berbahan dasar jeans agar bahannya tetap awet dan warnanya tidak mudah pudar. Khususnya, untuk jeans berwarna gelap yang lebih rentan luntur. Itu sebabnya mengapa sebaiknya mencuci jeans secara terpisah dari pakaian lainnya.
Noda atau kotoran pasti sukar terlihat di jeans berwarna gelap. Sebaiknya jangan menggunakannya lebih dari 7 hari. Kemudian, cucilah jeans dengan cara berikut ini:
  1. Balik, sehingga bagian dalamnya berada di luar untuk menjaga warnanya.
  2. Rendam jeans di dalam air dingin, hindari penggunaan air hangat karena bisa membuat pakaian berbahan jeans Anda menyusut.
  3. Cek label cara pencucian yang terdapat pada pakaian jeans untuk mengetahui takaran deterjen yang dibutuhkan untuk mencucinya.
  4. Tambahkan sedikit cuka pada air rendaman untuk menjaga agar jeans berwarna gelap tidak luntur.
  5. Mencucinya dengan tangan bisa menjaga bentuk jeans kesayangan.
  6. Jemur jeans di bawah sinar matahari dan biarkan mengering secara alami.
Jika sudah menggunakan deterjen yang dapat melindungi warna jeans agar tidak luntur, sebaiknya tidak perlu lagi menggunakan cuka. Karena manfaat deterjen tersebut sudah cukup untuk mencegah kelunturan, terutama pada pencucian pertama. Jika setelah dicuci berulang kali namun pakaian jeans masih luntur, coba untuk merendamnya dengan cuka dan air dingin semalaman. Esok pagi, bilas dengan air dingin dan cuci seperti biasa. Sebaiknya, pisahkan dari pakaian lainnya untuk mencegah pakaian kesayangan Anda terkena luntur. Untuk mengeringkan pakaian jeans, hindari cara pengeringan dengan menggunakan mesin pengering. Suhu panas yang terdapat pada mesin pengering bisa mengubah bentuk jeans kesayangan. Agar tidak terlalu sering mencuci baju berbahan dasar jeans, tidak ada salahnya bila
menyediakan beberapa pakaian jeans lain untuk dipakai secara berkala.