Kamis, 18 Desember 2014

Perbandingan Mesin Cuci Front Loading vs Top Loading


Memilih mesin cuci yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan keluarga memang gampang-gampang susah. Meskipun ini bukan pertama kalinya membeli sebuah mesin cuci baru, ketika kembali dihadapkan pada begitu banyak pilihan model mesin cuci, wajar jika kita menjadi kebingungan.
Untuk membantu pekerjaan, artikel ini akan membandingkan dua jenis mesin cuci yang paling banyak ditemui di toko elektronik saat ini, yaitu mesin cuci frontload atau mesin cuci bukaan depan dan mesin cuci top load atau mesin cuci bukaan atas. Masing-masing jenis mesin cuci ini memiliki keunggulan masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Ibu dan kondisi di rumah.

Mesin Cuci Toploading
Karena fungsi semi otomatisnya yang mengharuskan beberapa tahapan selama proses pencucian, misalnya perlu memindahkan cucian ke dryer secara manual untuk mengeringkan pakaian, mesin cuci top load kerap dipandang sebelah mata. Meski demikian, berikut ini beberapa keunggulan mesin cuci top load yang perlu kita ketahui.

  • Harga mesin cuci ini jauh lebih ekonomis dibandingkan mesin cuci frontload. Oleh karena itu, mesin cuci ini tepat sekali untuk pasangan yang baru menikah atau untuk pasangan yang masih memiliki prioritas-prioritas kebutuhan lain di dalam rumah tangga.
  • Apabila pakaian anggota keluarga di rumah tidak terbuat dari jenis bahan yang bermacam-macam, misalnya kebanyakan katun dan denim, maka tidak memerlukan mesin cuci frontload yang didesain untuk mencuci secara khusus berbagai jenis bahan pakaian: mulai dari satin hingga wol.
  • Perhatikan kondisi tekanan air di rumah. Pengisian air pada mesin cuci top load berlangsung secara otomatis sehingga memerlukan tekanan air tinggi agar air dapat naik melalui selang yang terhubung ke mesin cuci dan langsung memenuhi tabung mesin cuci secara cepat.
  • Berbeda dari mesin cuci frontload, mesin cuci top load menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam pengoperasiannya. Misalnya, tetap dapat memasukkan beberapa cucian yang tertinggal ke dalam tabung mesin cuci meskipun proses pencucian telah mulai.
  • Ketika memilih mesin cuci toploading yang bagus, perhatikan fitur-fitur tambahan yang dimilikinya, seperti fitur antigetar dan pengatur waktu.


Mesin Cuci Front Loading

Mesin cuci frontload sebenarnya sudah sangat umum digunakan di Eropa dan Amerika Serikat, namun mesin cuci jenis ini baru semakin diminati oleh konsumen di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan mesin cuci frontload.

  • Salah satu hal yang membuat mesin cuci frontload diminati adalah pengoperasiannya yang sepenuhnya otomatis. Jadi, bagi para yang bekerja, mesin cuci ini merupakan pilihan tepat karena proses pencuciannya bisa diserahkan kepada mesin cuci hingga tuntas. Kita dapat memasukkan cucian kotor ke dalam mesin cuci pada pagi hari, misalnya 3 jam sebelum harus berangkat ke kantor, lalu tinggal untuk menyiapkan sarapan dan persiapan bekerja lainnya. Setelah siklus pencucian selesai, cucian bisa langsung dijemur atau dimasukkan ke dalam mesin pengering.
  • Pernahkah kita merasa kebingungan tentang cara mencuci jenis pakaian tertentu, semisal pakaian halus atau wol dan rajut? Mesin cuci frontload dilengkapi dengan program-program khusus untuk mencuci berbagai jenis bahan pakaian. Pengaturan program meliputi suhu air yang digunakan, lama perendaman, kekuatan putaran tabung, dan lain sebagainya.
  • Apabila ingin menghemat tagihan air di rumah maka mesin cuci frontload juga menjadi alternatif yang baik karena mesin cuci jenis ini didesain untuk mengoptimalkan volume air yang digunakan pada setiap siklus pencucian.
Jangan lupa juga untuk menyesuaikan deterjen yang dipakai pada mesin cuci. Hal ini penting untuk menjaga keawetan mesin cuci dan mengoptimalkan tingkat kebersihan cucian. Gunakan deterjen Matic Top Load untuk proses pencucian menggunakan mesin cuci top load dan deterjen Matic Front Load untuk proses pencucian menggunakan mesin cuci frontload.


Nah, bagaimana? Kira-kira mesin cuci top load atau mesin cuci frontload yang tepat untuk kebutuhan keluarga di rumah?